Selasa, 15 Oktober 2019

Peta BKRK diperkenalkan di JUMBARA PMR ke-VI Kabupaten Grobogan


Peta BKRK (Bahaya Kerentanan Risiko dan Kapasitas) diperkenalkan di JUMBARA PMR ke-VI Kabupaten Grobogan


Pada JUMBARA PMR ke-VI Kabupaten Grobogan,  PMI memperkenalkan kegiatan yang disebut PETA BKRK (Peta Bahaya, Kerentanan, Risiko dan Kapasitas).Pembuatan Peta BKRK diikuti oleh seluruh peserta JUMBARA mulai dari tingkatan mula, madya, dan wira se Kabupaten Grobogan, setiap kontingen mengirimkan 2 peserta. Pada kali ini tanggal 15 Oktober 2019 yang bertugas membuat Peta BKRK adalah PMR Mula.

Pembuatan Peta BKRK beretujuan untuk mendapatkan peta bahaya, kerentanan, risiko, kapasitas dan memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang daerah rawan bencana. Manfaatnya juga bisa menjadikan diri kita selalu siaga dari bahaya bencana.

Setelah seluruh PMR Mula berkumpul di Tenda yang berada di SD N 2 Jangkungharjo maka PMR Mula diminta untuk membuat  peta BKRK wilayah SD N 2 Jangkungharjo. Antusias peserta sangat tinggi dapat dilihat dari cara kerja dan hasil mereka, semua dilakukan dengan senang hati.  Proses pembuatan peta yaitu dengan mengolah data-data yang terkait dengan; cara mengolah data kapasitas, kerentanan dan ancaman hingga menjadi sebuah data yang menunjukkan tingkat resiko di wilayah tersebut. Pengamatan dilakukan secara seksama dan dari panitia juga memberikan waktu yang cukup fleksibel bagi peserta JUMBARA.

Secara mendasar pemahaman tentang konsep bencana menjadi dasar yang kuat dalam melakukan pemetaan risiko terjadiya bencana, yang dapat diaplikasikan kedalam Sistem Informasi Geografis (SIG) sehingga dapat menghasilkan peta ancaman, peta kerentanan, peta kapasitas dan peta risiko bencana.


Bencana Merupakan Peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat baik disebabkan oleh faktor alam /faktor non alam maupun manusia. Sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa yaitu manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologi . Yang namanya Bencana itu memang tidak bisa dicegah tapi setidaknya kita bisa mengurangi dan selalu waspada. Karena Data pada Peta BKRK dapat menjadi  dasar upaya pengurangan bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar